Tuesday, May 21, 2013

EKSPEDISI 1000 CANDI PART II

    Nah, setelah gue puas di candi Plaosan gue mampir ke candi Barong, (ini mah bukan mampir, ini emang sengaja mau kesana soalnya ini pake naik gunung segala) awalnya mau ke candi ijo tapi berhubung waktunya uda sore banget akhirnya gue cuss ke candi barong aja deh, ni candi lumayan masih sepi, nggak banyak yang dateng, Candi barong merupakan candi peninggalan agama Hindu yang terletak di Dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong. Keberadaan Candi Barong yang juga bernama Candi Sari Suragedug disebutkan dalam Prasasti Ratu Baka (856 M) dalam bahasa Sansekerta dan ditulis menggunakan huruf Jawa kuno. Dalam prasasti tersebut diceritakan tentang seorang raja bernama Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava yang membangun tiga 'lingga', yaitu Krttiwasalingga dengan pendamping Dewi Sri, Triyarbakalingga dengan pendamping Dewi Suralaksmi, dan Haralingga dengan pendamping Dewi Mahalaksmi. Diperkirakan bangunan yang dimaksud adalah Candi Barong. Dalam Prasasti Pereng (863 M), yang juga ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan huruf Jawa kuno, disebutkan bahwa pada tahun 784 Saka (860 M) Rakai Walaing Pu Kumbhayoni menganugerahkan sawah dan dua bukit di Tamwahurang untuk keperluan pemeliharaan bangunan suci Syiwa bernama Bhadraloka. Para ahli berpendapat bahwa Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava adalah Pu Kumbhayani dan bangunan Syiwa yang dimaksud adalah Candi Barong.(nyuplik dr perpustakaan nasional Indonesia)

 Sampai disana cuman ada satu pasang cwok cewek yang lagi pacaran di halamannya, aduh so sweet, eh nggak usah iri ka,,gue kan ke candi  ini juga sama mas pacar haha.. disana masih nggak bayar cuman ngisi buku tamu aja,, :) asiik gretonngan!!
Gue sama pacar langsung aja masuk ke platarannya, ternyata  ada sepasang bule  dan satu keluarga yang lagi mommong anaknya. berarti nggak sepi2 amat nih..
dan tetep gue yang narsis nggak bisa nahan buat nggak foto-foto :)






 senengnya pas kesini gue bisa liat gunung berapi yang unyu-unyu banget,, oia sekedar info nih candi barong kan emang tempatnya di bawah candi ijo jadi udah ada di pegunungan, keren deh view-nya. nggak nyesel kalau  kalian pada kesini..
 nah view nggak cuman di candi baronng aja hlo yang indah selama perjalanan naik kita juga bisa ngeliyat candi prambanan sama candi sojiwan (next destinasi gue habis dari candi barong)
dan ini nih tersangka-tersangka yang harus gue kunjungi di next destinasi gue, kecuali candi prambanan, soalnya gue kalau ke prambanan gak mau sama pacar, takut kemakan mitos. :) wkwkw.
ini candi prambanan dilihat  dari jalan yang menuju candi barong

nah kalau yang ini candi plaosan keliyatan ( ekspedisi 1000 candi part 1)

kalau yang ini candi yang mau kunjungiii, candi sojiwan
okay, segitu dulu postingan gue di expedisi 1000 candi, tunggu di part selanjutnya yakss...!!! :)



1 comment:

  1. ditunggu tulisan2 selanjutnya tentang candi :), salam hangat dari tim ekspedisi candi indonesia http://ekspedisicandi.com

    ReplyDelete