Monday, February 6, 2012

Eksotisme air terjun dan pantai Jogan

Kali ini saya berkesempatan untuk memposting sedikit tentang perjalanan saya susur pantai ( lebih tepatnya blusukan ke pantai) di Pantai Jogan yang terletak di kabupaten Gunung Kidul. kalau dari Yogyakarta memakan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke pantai ini ( termasuk acara kesasar sedikit) hehe
Awal keberangkatan saya tujuan sebenarnya bukan dipantai ini, melainkan di Panta Gesing yang juga terletak di daerah Gunung Kidul, tapi tiba-tiba dijalan saya browsing lagi dan ingat kalau teman saya ada yang pernah merekomdasikan untuk ke pantai Jogan, Karena disamping kita bisa melihat panta kita juga bisa melihat air terjun yang bagus banget.
akirnya saya putuskan untuk nyari pantai jogan, sebelumnya sih kami (saya dan pacar) sempat bingung karena pacar saya tiba2 mengajukan ide untuk ke pacitan. katanya disana banyak pantai yang bergoa-goa dan banyak yang surfing, tapi karena masalah waktu , yah maklum kami berangkatnya sudah agak siang, kami memutuskan ke Gunung Kidul saja.

Kami berangkat tanpa ditemani pemandu ( misalnya alamat, atauu letak pantai Jogan ini) kami hanya pakai felling, walaupun feelingnya salah dan kami harus nanya ke warga, soalnya saya mikirnya paling pantai ini di sebelah timur pantai siung, ternyata sebelah baratnya. Jika sudah ada yang pernah ke pantai siung, untuk mencapi pantai ini nggak sulit, setelah TPR jalan menuju siung beberapa kilometer dari situ kita akan menemukan pertigaan jalan, kalau lurus ke Pantai Siung, kalau belok ke Pantai Jogan, ada plakat kecil disana bertiskan "PANTAI JOGAN".
jalan menuju pantai jogan bebeda dengan jalan yang ke panai siung, kalu kepantai siung kita pisa halus mulus, jalan kepantai jogan agak bikin goyang, jalannya sudaah terbuat dari corblok, dan tetap jalannya naik turun.

Sampai di pakiran saya agak heran, sepi sekali ternyata sodara-sodara, hanya ada satu penjual makanan disana dan pengunjungnya baru satu pasangan yang sedang pacaran digubuk, :)
yah maklum juga lah masuk juga gak bayar, parkir juga nggak bayar parkir.
tapi berhubung saya orangnya gak sabaran, saya langsung turun dan ingin melihat pantai sekaligus air terjun tersebut, ternyata air terjun tersebut hanya aliran sungai basa yang turun ke laut karena ahkir dari sungai tersebut berbentuk jurang dan langsung jatuh kepantainya.

waterfall dilihat dari sebelah timur atas bukit

saya yang hobi foto2 langsung cus foto dengan verbagai pose, tapi nggak saya uploa ya saudara-saudara, rasanya memalukan sekali :D
Hal yang saya sayangkan adalah saya nggak bisa foto turun di pantai, jadi kita hanya bisa melihat pemandangan pantai dari atas, begitupun untuk air terjunnya. kalau untuk air terjun memang kita masih bisa merasakan airnya, soalnya sungainya hanya dekat dengan tempat parkiran.
blusukan menuju tempat yang tinggi

nah setelah berppuas-puas foto, saya menuju bukit sebelah atas, wah pemandangannya sungguh indah, tapi emang harus sedikit blusukan dan becek-becek. karena memang akses untuk angak naik ke bukit paling tinggi di daerah itu harus meleati jalan setapak yang pinggirnya ditanami pohon...........(bakau mungkin) hahah,,apalah saya nggak tau
im sorry, semua foto yang kita ambil past ada subjeknya haha

setelah sampai puncak wow! subhanallah, keren bgt, kita bisa melihat pantai dengan leluasa. sebelah barat juga ada buit yang dibaliknya adalah pantai siung :) dan ternyata disebelah timur saya berdiri ada beberapa orang yang tengah asik memancing.

setelah puas dipantai jogan saya pun melanjutkan ke pantai sadeng, pantai paling timur dari wilayak Gunung kidul, tepatnya Yogyakarta :)