Friday, January 13, 2012

GASTROENTERITIS

Duilee,,judulnya keren ya,,apa sih artinya?
"mencret" gue jawab langsung, alias diare,,
gila bener buat postinggan jijik gini, yey tapi gue cuman mau share doang soal the GASTROENTERITIS ini sodara2..
Gastroenrteritis atau diare adalah proses buang air besar yang tidak normaal, biasanya berbentuk encer atau cairan lebih dari 3 kali sehari, diare ini bisa disebabkan banyak faktor, bisa karena salah makan, atau lambungnya selalu sensitif sama makanan-makanan atau bisa juga karena masuk angin, nah bisa terjadi diare soalnya terjadi inflamasi di lambung. nah diare tuh ada dua macem
  1. Diare Akut : diare yang terjadi secara mendadak pada bayi dan anak yang sebelumnya sehat.
  2. Diare Kronik : diare yang berlanjut sampai 2 minggu atau lebih dg kehilangan BB atau BB tidak bertambah selama masa diare tersebut.
Nah disini gue mau ceritapengalaman gue soal diare, gue ini bisa dibilang diare sangat sangat kronis, ya gimana coba setiap hari bisa dibayangkan sodara2 gimana lemesnya gue, gue setiap pagi setiap habis makan nggak ada setenngah jam gue langsung diare. sepertinya lambung gue emang sensitif banget sama makanan pasar,,haha (widiiih gayanya...)
ya gimana coba.. gue kalau makan enak enggak diare tap kalau makan nih jajanan pasar asli gue langsung absen di toilet

berikut gue kasih list makan2 yang bikin gue diare:
  1. Bolu kukus rasa jahe : nyokab gue selalu beli dari pasar jam setengah 6 pagi nih bolu enak, emang sih bolu rasa jahe tuh enyak enyak enyak, tapi nggak ada setengah jam asli gue mules dan langsung pengen ngapelin si toilet. :( gue nggak tau kenapa bisa kayak gini. mungkin dari jahenya yang terlalu panas di lambung gue, jadinya kayak gini
  2. kentucky fries chicken ala mbak mumun : nih juga lauk yang hobi banget nyokab beli dari pasar buat anak2nya.. ya maklum nyokab gue orangnya sok sibuk jadi jarang banget masak, meti selalu beli. kalau makanan ini biasanya gak langsung gue makan, makannya entar siang, padahal gue makan ni kfc mumun cuman gandumnya doang,kadang ayamnya gue bag sama kucing2 liar punya adek gue, ini biasanya ngefek mencret kalau udah 1 jam an gitu, gue juga bingung kenapa kfc ini bisa bikin gue mencret, tapi kata nyokab bukan dari kfc mumunya melainkan gue kalau makan kfc mumun harus pake saos sambal, nah itu die penyebabnya.wkwkwk
  3. sate mbak ika : (ih waw! nama gue yak) tapi asli yang jualan bukan gue, nih ika lain yaaa harap maklum nama ika kan satu kecamatan bisa kodian banyaknya.. sate ini sate ayam madura, gue dibelin nyokap kadang2, nggak pake sambel 10rb dijadiin 3 bungkus (maklum anak nyokab bokap kan 3 ekor) biasanya gue makan pake lontong gtu, nah enak sih enak tap gue diare juga tauuuk,,gatau kenapa
  4. arem2 : nih akanan enak lho kalo pas laper, tapiiiiiii.....gue juga bingung kenapa bikin gue diare, padahal kan isinya cuman nasi sama ayam :(
  5. martabak harga 500 : nih juga bikn gue ilfil, gue selalu saja setiap makan ni martabak diare, kali gue kudu beli yang mahal kali yak..haha
masih banyak sebenarnya yang bisa bikin gue diare, tapi anehnya gue makan di SS yang terkenal pedasnya gue blaaaassss nggak mencret tuh...
yah gue sih pasrah pasrah aja, diare kan baik berati bakteri dalam tubh gue bisa keluar,,haha

No comments:

Post a Comment