Saturday, January 26, 2013

Terserang Penyakit

   Beberapa hari ini gue sedang gak enak badan, rasanya banyak penyakit yang bersemayam di tubuh ceria ini. *halah.
oke. pertama. gue udah sekitar seminggu flu berat plus batuk,  bauknya sih gak begitu keliatan yang jelas gue pilek abnormal, setiap pagi gue harus ngeluarin mucos yang warnanya nggak banget. :D
sebagai pegawai yang tau kesehatan gue sih udah minum obat2an, dari anti alergi sampai buat anti ISPA (Infeksii Saluran Pernafasan Atas) , dari (maaf ya bukan promosi) Cetirizine, Quantidex, Tremenza, gak ada yang bisa nyembuhin pilek abnormal ini :) adanya gue malah tekantuk-kantuk :D. Finally, gue kemaren disaranin sama mbak apoteker Rosida Andriyani, S.farm, Apt buat minum anti biotik Cefad, pakai Metyl prednisolon sama cetirizin. oke deh mbak saya akan coba. Gue gak tau penyebabnya apa, yang jelas tiba2 pas bangun tidur mendadak hidung gue berasa penuh mucos gitu. waa.. gue ilfil deh. pasti pilek :( Dan gue tuh punya  riwayat kalau pilek pasti berbulan-bulan sembunya :/

Kedua. gue kemaren sore mendadak gak ada angin gak ada hujan gak ada bledek, gue muntah sampai 3 kali. didedan rumah pula. jadi ceritanya gue mendadak kena masuk angin, gue tau penyebabnya apa, menurut gue sih karena seharian gak makan pas kerja, pulang erja sekitar setengah empat gitu gue beli mie ayam kepedesan, tau-tau selesai makan muntah :(. gue lemes mendadak pemirsa, badannya berasa ambyar. akhirnya simbah gue yang baik hatinya kerokin gue, punggung gue merah semua, ternyata emang masuk angin, 15menit setelah gue di kerokin sama di pijet gue jadi bugar lagi, walaupun masih agak gak fit sih :(. padhal sore ini gue mau kencan sama temen gue Ratih buat jelong2 bersama :)

Ketiga. pagi-pagi habis bangun tidur, kaki kiri gue di pas telapak berasa nyeri banget. buat jalan agak nglilu2 gitu, parah! gue mikir jangan jangan ini gejala penyakit asam urat. kebingungan gue, paginya pas nyampe tempat kerja gue langsung aja cek asam urat, gue ambil darah sendiri, dari pada gue di ambilin sama temen gue berasa sakit pas ngambil darahnya :D

PERSIAPAN CEK ASAM URAT
agak grogi sih awalnya, tapi pas udah cek, lega banget, ternyata cuman 3,4mg/dl. asam urat tuh kan normalnya 3.0 sampe 6.0, senengnya, dan gue pasti cuman kecapekan dan mungkin peredaran drah gue aja yang gak lancar, dan gue mungkin kudu banyak minum air putih sama makan banyak sayuran, soalnya selama ini geu makanannya garinganmulu sih :D
Hasil setelah gue cek asam urat
berikut gue kasih tips deh biar sehat dan gak gampang kena penyakitkek gue, susah deh kalau sakit :)
lets check it out:
  1. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda. 
  2.  Didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita. 
  3.  Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat. 
  4.  Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna. 
  5.  Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
  6.  Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri. 
  7.  Penuhi kebutuhan vitamin D. karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.
semoga bermanfaat :)


No comments:

Post a Comment